Header Ads

Hujan Meteor Lyrids, Hari Terbaik Untuk Menyaksikannya

Hujan meteor merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu bagi pecinta astronomi. Dan untuk tahun 2017 sendiri ada beberapa diantara mereka yang bisa disaksikan mulai dari hujan meteor Quadrantid awal tahun 2017 sampai hujan meteor Geminid akhir tahun 2017.
Untuk bulan April sendiri hujan Meteor Lyrids yang terletak di rasi Lyra akan menghiasi langit malam mulai dari tanggal 16 april sampai 25 april mendatang,  dan puncaknya adalah tanggal 22 April yang mana merupakan malam ini adalah saat terbaik untuk menyaksikan.
Untuk jumlah meteornya sendiri ada sekitar 10-20 meteor perjam dan dapat disaksikan mulai jam 10 malam sampai dini hari.
Untuk menyaksikannya tidak harus menggunakan teropong, melainkan dengan mata telanjang sudah bisa melihatnya,  beruntung saat ini sedang fase bulan  baru sehingga tidak mengganggu pencahayaan sehingga bisa disaksikan dengan jelas,  tetapi tergantung juga pada kondisi awan dan cuaca.
Beruntung untuk bulan april di Indonesia merupakan musim kemarau maka kita dapat menyaksikannya dengan jelas tanpa gangguan cuaca dan awan.
Untuk menyaksikannya carilah tempat yang tidak terhalang langitnya atau lapangan yang luas.
Semoga berhasil untuk menyaksikannya

No comments

Powered by Blogger.